Rabu, 14 Agustus 2013

BIOGRFI PETER TOSH

Peter Tosh lahir sebagai Winston Hubert McIntosh pada 9 Oktober 1944 di Grange Hill, Jamaika. Dibesarkan oleh bibinya, dia meninggalkan rumah di awal remaja dan menuju daerah kumuh Kingston, Jamaika, yang dikenal sebagai Trenchtown. Seperti banyak rekan-rekan musisi muda yang bercita-cita tinggi, dia menemukan jalan setelah bertemu Joe Higgs, seorang musisi lokal yang menawarkan pelajaran musik gratis untuk pemuda. Melalui Joe Higgs, Peter Tosh bertemu dengan rekan masa depannya bandmates, bob marley, dan Bunny Wailers.
Meskipun nama Bob Marley kemudian menjadi sinonim dengan Wailers, Peter Tosh dan Bunny Wailer. jelas-jelas setara dengan Marley dalam band. Sebagai penulis lagu, Tosh menyumbang banyak band’s hit, termasuk “400 Years,” “Get Up Stand Up,” “No Symphaty,” dan “Stop That Train.”. Ia terampil bermain gitar dan keterampilan vokal juga penting bagi band sound.
Peter Tosh dikenal sebagai sarkastis dan agak marah. Berbeda dengan Bob Marley’s idealis melihat dunia, dan tujuan untuk menyebarkan pesan cinta, Peter Tosh melihat dirinya sebagai seorang revolusioner, dan keras dalam usahanya untuk meruntuhkan “Babel.” Dia menciptakan kata-katanya sendiri untuk banyak hal yang dia benci, termasuk “politricks” untuk politik, “s ** tstem” untuk sistem, dan “Crime Minister” untuk Perdana Menteri. Sikap inilah yang mendapat dia julukan “Steppin ‘Razor.”
Peter Tosh mulai merekam catatan solo sambil menjalankan dengan Wailers hingga 1974, ketika label rekaman baru Wailers, Island Records, menolak untuk merilis album solo. Dia meninggalkan band untuk mengejar kariernya sendiri secara penuh waktu, dan akhirnya merilis album solo pertamanya, Legalize It pada tahun 1976. Dia melanjutkan untuk merilis beberapa lagu hit, meskipun sikap militan tidak pernah menemukan tingkat penerimaan yang sama sebagai Bob Marley’s sebagai pemersatu pesan “Contribute a better translation”.
Pada tahun 1977, setelah ketegangan antara berbagai kelompok dan bajingan Jamaika, anggota militer Jamaika telah mencapai tingkat yang parah. Bob Marley memutuskan untuk menyelenggarakan sebuah konser yang disebut Konser Perdamaian One Love, dan mengundang banyak bintang Jamaika paling terkenal untuk ikut. Tosh menggunakan kesempatan itu untuk menyanyikan lagu-lagu yang paling militan, dan berbicara dengan marah terhadap pemerintah. Sangat populer dengan orang banyak, penampilan ini kurang lebih sebuah hit dengan pejabat pemerintah yang hadir. Meskipun Tosh sudah menjadi sasaran favorit bagi polisi, dari saat itu, ia menjadi korban dari kebrutalan teratur. 
Peter Tosh terus merekam lagu hit internasional untuk sisa tahun 1970-an dan awal 1980-an, dan tidak pernah santai untuk menyampaikan pesan intens revolusi. Setelah konser pada tahun 1984, Peter Tosh vakum, namun pada tahun 1987 kembali lagi merilis ” Nuclear War” yang dinominasikan untuk Grammy Award.
Pada tanggal 11 September 1987, seorang kenalan Peter Tosh’s, Dennis Lobban, memasuki rumah Tosh dengan sekelompok kecil teman-teman dan mencoba merampoknya. Mengklaim bahwa ia tidak punya uang kepadanya pada waktu itu, Tosh terjebak oleh geng Lobban beberapa jam didalam rumahnya. Akhirnya, mereka kehilangan kesabaran dan menembak Tosh dan tamunya di kepala. Tosh tewas seketika, begitu juga dua temannya, walaupun entah bagaimana tiga orang lainnya selamat. Lobban dijatuhi hukuman mati karena kejahatannya.
>Sumber : about.com world music

Tidak ada komentar:

Posting Komentar